Sabtu, 31 Oktober 2009

TUGAS IMK

TUGAS MATA KULIAH

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

DIBUAT OLEH :

Fuji Setiawan 17108302

Malfiansyah 17108349

Heri Kiswanto 17108312

HendraSetiawan17108347

AnggaKusumah17108412

SugengSantoso17108339


UNIVERSITAS GUNADARMA

2009

Analisis Web

WWW.bankmandiri.co.id

Prinsip-prinsip Desain Grafis

DESAIN GRAFIS

Prinsip-prinsip Desain Grafis:

1. Metaphor (Metafora)

Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasI dan elemen-elemen visual dengan itemitem yang berkaitan.

Contoh: metafora tampilan desktop.



2. Clarity (Kejelasan)

Harus ada alasan yang kuat/masuk akal mengapa kita menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik.

White Space:

- Berperan penting bagi mata.

- Menyediakan simetris dan keseimbangan melalui penggunaannya.

- Memperkuat dampak pesan.

- Membiarkan mata beristirahat dari setiap kegiatan elemen.

- Digunakan untuk mengembangkan kesederhanaan, keanggunan,

kemewahan, dan kemurnian.

Example


3. Consistency (Ketetapan)

Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography, teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.

Example

Home Page

Content Page 1

Content Page 2


4. Alignment (Perataan)

Untuk perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Dunia barat dimulai dari kiri atas. Mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah.

Grids:

- Garis horisontal dan vertikal (tersembunyi) untuk membantu.

mengalokasikan komponen-komponen jendela.

- Meratakan konteks yang berkaitan.

- Mengelompokkan item-item secara logis.

- Meminimalisasi banyaknya kendali, mengurangi kekacauan. Gunakan Grid:

5. Proximity

Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama. Karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antar item-item tersebut.

Contoh:

6. Contrast (Keserasian Tampilan)

Membuat anda tertarik, memandu mata anda melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling utama.

Item yang paling utama diberi highlight. Gunakan geometri untuk membantu pengurutan.

Bagian-bagian Tampilan yang penting (utama) menggunakan pengaturan contrast yang dibedakan agar menjadi perhatian utama pengguna.